HUBUNGAN FLOW AKADEMIK DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI

Authors

  • Afini Asri Universitas Jenderal Achmad Yani

Keywords:

flow academic, mahasiswa, academic burnout

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Flow Akademik dengan Academic Burnout pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani selama masa pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan teori flow (Bakker, 2008) dan academic burnout (Schaufeli, et all., 2002). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deduktif dengan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Penelitian ini melibatkan 247 responden yang merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani. Proses pengambilan data, dilakukan dengan menyebarkan kuesioner alat ukur The Study–Related Flow Inventory (WOLF-S) dengan koefisien reliabilitas 0.866 dan Maslach Burnout Inventory-Student Survei (MBI-SS) dengan koefisien reliabilitas 0.859. Hasil yang didapatkan dengan uji korelasi spearman rank didapatkan hasil korelasi sebesar -0.377 dengan taraf signifikansi <0.001 (p<0.05). Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara flow akademik dengan academic burnout pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani selama masa pembelajaran daring. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti faktor lain yang berpengaruh terhadap terjadinya flow akademik, seperti kondisi lingkungan belajar dan perkuliahan.

Published

2023-07-23

How to Cite

Asri, A. (2023). HUBUNGAN FLOW AKADEMIK DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI. Reliabel: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1). Retrieved from https://reliabel.fpsi.unjani.ac.id/index.php/ip/article/view/7